Welcome to my blog! Selamat Datang! Irashaimasu! Salamat Hasundau!

Rabu, 13 Oktober 2010

Manusia Sonar



Anda semua tahu Daredevil? Atau Si Buta dari Goa Hantu? Manusia buta yang mampu melihat dengan bantuan pantulan & gema suara. Ternyata di kenyataannya ada beberapa orang yang seperti itu. Kemampuan ini disebut Echolocation/Echomobility.

Echolocation merupakan kemampuan mahluk hidup untuk mendeteksi keberadaan benda disekelilingnya dengan merasakan gema dari benda tersebut. Jadi prinsip kerjanya sama dengan Echolocation kelelawar pada saat bergerak di wilayah yg gelap. Jika pada manusia, khususnya orang tuna netra biasanya aktif membuat bunyi semisal memukulkan tongkat, atau membunyikan lidah, sehingga bunyi yang ditimbulkan menimbulkan gema ke telinga dan seberapa lama gema itu sampai ke telinga sehingga jarak/letak benda disekitarnya dapat ditentukan. Namun karena manusia tidak dapat membuat atau mendengar suara dengan frekwensi tinggi maka interpretasi gambar yang diterima cenderung lebih besar daripada yang dapat dilihat oleh kelelawar atau lumba-lumba.

Salah satunya bernama Danile Kish. Kebutaan yang dialami pria asal Amerika ini tidak menjadi penghambat untuk melihat lingkungan sekitarnya hanya dengan membunyikan lidahnya (klak klak) untuk mendapatkan efek 3D visualisasi dari echo suara lidahnya seperti sonar.

Dan bahkan dia mampu melihat keadaan ruang lain tanpa harus mengintip. Dia menyadari kemampuannya tersebut sejak berumur 6 tahun dan sekarang dia menjadi pengajar untuk melatih orang-orang buta agar dapat memanfaatkan echo suara sebagai media penglihatan.

Daniel Kish adalah seorang sukarelawan tuna netra yang sudah kehilangan matanya sejak berumur 13 bulan akibat kanker retina. Daniel juga dikenal sebagai pengembang teknik Echolocation yg disebut Echomobility.

Ben Underwood juga buta, kedua matanya telah rusak karena kanker, ketika ia berusia 3 tahun. Namun, dia bermain bola basket, main sepeda, dan kehidupan yang cukup normal seperti biasanya.

Dia menyadari dirinya dapat menggunakan gelombang sonar untuk bernavigasi di seluruh dunia, tanpa panduan anjing untuk menuntunnya, tanpa tangan untuk meraba - raba, ia menggunakan SUARA!

Ben menghasilkan suara yang kemudian memantul pada suatu benda dan pantulan suara itu kembali pada dirinya. Dia satu - satunya orang di dunia yang melihat menggunakan suara sonar seperti lumba - lumba, kapal laut, dan kelelawar.

Namun tragedi terjadi, Ben meninggal 19 Januari 2009 akibat kanker retina yg diidapnya


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2405779
http://www.bagi-bagi-info.co.cc/daniel-kish-ben-underwood-melihat-dengan-suara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar