Welcome to my blog! Selamat Datang! Irashaimasu! Salamat Hasundau!

Senin, 04 Oktober 2010

Tenaga Dalam Kundalini


Tenaga manusia itu berbagai macam. ada tenaga yang biasa yang dihasilkan oleh oksigen. dengan makan minum yang cukup manusia mempunyai tenaga untuk bekerja. Ada tenaga yang dihasilkan oleh senyawa fosfat (biasa disingkat ATP, adenosin triphosphat). Tenaga yang ini disebut tenaga dalam, tenaganya luar biasa. kalau diperbandingkan antara oksigen dan senyawa fosfat, maka pebandingannya 1 : 18. Untuk memperoleh tenaga yang kedua ini maka manusia perlu latihan pernafasan. Jenis tenaga kedua, yaitu tenaga dalam, bisa dimanfaatkan untuk beladiri, pengobatan, mendeteksi penyakit dan untuk memecah benda atau menyerang lawan.

1. Membangkitkan Tenaga Dalam

            Untuk membangkitkan tenaga dalam seseorang harus berlatih banyak, khususnya latihan bernafas secara teratur setiap harinya. Meditasi adalah alat yang cukup baik untuk membantu olah pernapasan. Meditasi, baik secara kelompok maupun secara perseorangan bisa meningkatkan kemampuan seseorang mengeluarkan tenaga dalam.
            Dalam pelajaran silat atau bela diri yang lain, tenaga dalam diajarkan buat memukul atau menyerang lawan. Meditasi yang diajarkan umumnya konsenterasi, yaitu pemusatan perhatian ke satu arah atau ke satu titik. hal ini bertujuan agar si pelaku dapat memusatkan perhatiannya ke hal tertentu itu, sehingga pada saat berlaga dia tetap terfokus ke arah serangannya.
            Namun ada juga meditasi yang berujud desentrasi, yaitu pengosongan diri. Segala perhatian maupun pemikiran disingkirkan dari hadapan kita dan dari diri kita. yang ada adalah kekosongan belaka. Dari sinilah muncul suara Ilahi, wangsit, pencerahan, penerangan spiritual, enlightment, iluminasi, dan lain-lain istilah yang maksudnya sama.

2. Daya Batin Kundalini

            Salah satu tenaga dalam yang sudah ada sejak jaman Hindu hingga sekarang adalah Daya Batin Kundalini. Daya batin ini dapat mengubah hidup seseorang dengan membuat keajaiban-keajaiban bagi seseorang. Daya batin Kundalini dapat diarahkan dengan tepat dan menjadi kekuatan. Kundalini memperkerjakan daya itu untuk mengubah sesuatu yang perlu diubah, membuat sesuatu yang baru yang memang dibutuhkan.
            Daya batin Kundalini adalah inti dari sumber pengetahuan pertama yang tercatat, yaitu buku kebenaran, buku kehidupan yang bisa disebut sebagai sama dengan dasar ilmu yogi. Daya ini begitu luwes, bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Kekuatan daya batin ini dapat dipergunakan untuk perlindungan terhadap kejahatan, menjaga kesehatan diri maupun lingkungan, bahkan dapat dipakai untuk melihat ke masa depan alias meramal.
            Teknik batin kundalini merupakan metode yang jarang gagal. Para Yogi kuno mengajarkan bagaimana mengatasi rintangan dalam hidup dan mendatangkan keberhasilan. dengan mempelajari Kundalini seseorang bisa menjadi pemenang dalam hidup.

3. Batin Kosmis Kundalini

            Batin Kosmis, merupakan sumber daya Kundalini merupakan sumber yang memberikan nafkah bagi kehidupan manusia. Tiap batin manusia itu dilengkapi dengan sistem energi listrik tersendiri, biasa disebut gelombang listrik sel syaraf.
            Secara medis telah dibuktikan bahwa otak manusia memancarkan tujuh gelombang otak. Gelombang ini berujud getaran-getaran yang masing-masing berbeda dan semuanya bersumber dari otak. Setiap getaran, masing-masing mempunyai kesatuan dan unik.
            Tiap gelombang otak itu dipancarkan dari daerah pusat kontrol Kundalini yang berbeda-beda dalam batin manusia. Dari tujuh gelombang itu ada tujuh pusat kontrol di daerah otak yang terpisah-pisah. Masing-masing memproduksi dan memancarkan gelombang otak yang khas. Sebuah gelombang otak terdiri atas kode listrik sel syaraf. Maka tiap pusat kontrol daerah itu memancarkan pesan listrik yang berkode.
             
Perintah yang terkuat pada pusat kontrol daerah otak akan menimbulkan gelombang yang terkuat, dan itu berhubungan dengan batin kosmis. Namun ia tidak saling berhubungan dengan enam pusat pelaksanaan bawaan lainnya. Oleh karena itu ia tidak menyadari apa yang berlangsung dalam enam pusat kontrol daerah yang lain.

4. Tujuh Cakra

            Tujuh titik daya badan, yaitu tujuh cakra, merupakan bagian badan eteris dan pada gilirannya menciptakan badan energi. Badan energi ini merupakan penghubung antara badan eteris dan batin kosmis agung tiap orang. Dengan kata lain energi prana, khususnya prana berwarna dari tiap cakra merupakan penghubung badan eteris dan badan kosmis.
            Titik-titik daya sebenarnya tak dapat dilihat secara fisik. Hanya para pewaskitalah yang mampu melihatnya. Oleh karena itu titik-titik daya itu harus divisualisasikan dengan mata daya batin Kundalini. Tiap cakra divisualisasikan sebagai sesuatu ujung yang berputar. Dengan visualisasi perputaran di lokasi masing-masing cakra, pikiran akan dapat memeriksa tiap kerja cakra selama konsenterasi.

Letak Tujuh Titik Cakra

1. Titik cakra kesatu kira-kira terletak di tulang ekor
2. Titik cakra kedua terletak di dalam perut bagian bawah
3. Titik cakra ketiga terletak di jantung
4. Titik cakra keempat ada di dasar tenggorokan, di lekukan
5. Titik cakra kelima ada di dasar otak, ujung tulang punggung
6. Titik cakra keenam terletak di pusat ujung kepala/ubun-ubun
7. Titik cakra ketujuh terletak di pusat kening

5. Cara Kerja Getaran

            Konsentrasikan pikiran di dasar tulang punggung, pada cakra dasar. Visualisasikan titik cakra pertama ini sebagai ujung pemintal yang selalu berputar. Putarannya spiral bundar berdiameter sampai tujuh inchi. Gerakan cakra pertama ini akan berinterferensi atau bersambungan dengan gerakan cakra kedua, lalu dengan cakra ketiga, dan seterusnya sampai cakra yang ketujuh yang terletak di pusat kening.
            Ketika getaran dari cakra ke tujuh mencapai diameter tujuh inchi, ia nampak seakan meninggalkan badan dan melayang jauh ke dalam ruang batin. Ikutlah bersama cakra ketujuh yang berputar dan melayang jauh dari badan ke dalam ruang batin.
            Kita akan menyadari adanya cahaya yang berkedip-kedip. Biarkanlah intelektual kita ikut melayang jauh dalam kecepatan tinggi guna mendapatkan penerangan spiritual, ilham dari batin kosmis, atau wangsit dari yang Ilahi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar